Minggu, 20 Februari 2011

Berapa jumlah planet di Bima Sakti?

Berapa jumlah planet di Bima Sakti?, 5o miliar planet, Bima Sakti Alif Ilmu - Sudah seminggu saya absen dari blog ini, dan kali ini baru bisa posting lagi, dikarenakan kesibukan di dunia offline. Selagi ada kesempatan, kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai jumlah planet dialam semesta, info ini saya kutip dari laman VIVAnews.com . Silahkan klik saja jika ingin mengunjungi langsung sumbernya.
Berdasarkan hasil sensus kosmik pertama di galaksi Bima Sakti yang dilakukan oleh para ilmuwan antariksa, terdapat 50 miliar planet di galaksi Bima Sakti.



Ada sekitar 500 juta planet yang berada pada wilayah yang bersuhu tidak begitu panas maupun dingin, yang bisa saja terdapat kehidupan didalamnya. Perkiraan jumlah planet tersebut berdasarkan hasil pengamatan sementara teleskop Kepler dari Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Untuk sekarang ini, teleskop Kepler sudah menemukan sekitar 1.235 planet yang diperkirakan bisa dihuni oleh makhluk hidup, dan 54 planet diantaranya terdapat di zona Goldilocks (waduh dimana tuh....he..he..)

Menurut ilmuwan Kepler, Borucki serta kawan-kawannya memperikirakan, satu diantara dua bintang kemungkinan memiliki planet, serta satu dari 200 bintang memiliki planet yang kemungkinan dapat menjadi tempat tinggal makhluk hidup.

Namun semua itu baru perkiraan minimum saja, sebab setiap bintang bisa memiliki lebih dari satu planet, dan untuk teleskop Kepler sendiri belum mampu untuk melihat planet-planet yang berada diluar bintang.

Sebelum sensus planet ini dilakukan, para ilmuwan memperkirakan ada sekitar 100 milyar bintang di Bima Sakti. Sedangkan para astronom Universitas Yale, pada tahun lalu memperkirakan ada sekitar 300 milyar bintang di Bima Sakti.



Jika jumlah bintang di Bima Sakti saja sudah sebanyak itu, wahh....berapa banyak ya kira-kira jumlah planet di alam semesta ini,...hmmm, pasti banyak sekali.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Alfine Online Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates